Definition List

header ads

Pesona Kedung Cowet Luput Dari Perhatian Pemerintah Indramayu

Lensa Indramayu  - Indramayu Jabar


Indramayu__Wisata Kedung Cowet yang terletak di Desa Cemara Wetan Blok bong Kecamatan Cantigi kini bersolek diri dengan membuang jauh-jauh kesan angker yg melekat atas dirinya. Hijau, alami dan asri serta berkembang itulah yg tersemat pada kedung cowet saat sekarang , akan tetapi hal demikian tak menjadi sorotan di benak Pemerintah Indramayu, pasalnya akses jalan yang menjadi pendukung utama serta pengembangan fasilitas sarana prasarana wisata yang ada saat ini tak berbanding lurus dibanding dengan pesona alamnya yg terkenal elok.


Hal itu ditegaskan oleh Zainal selaku pengelola sekaligus promotor kompepar Kedung Cowet.  Kesan mistis yang selama ini menempel bertahap ia rubah agar menjadi tempat wisata keluarga yang menyenangkan.

" Perjuangan saya merubah kisah mistis kedung cowet lumayan berat pada fase awal pendirian, mulai dari pendanaan hingga menggerakkan kepedulian masyarakat banyak sekali tantangannya, pro dan kontra pun tak luput dari pengalaman waktu itu " papar Zainal saat sesi pengambilan video clip sebuah lagu di lokasi, pada sabtu 11/08/2018.


Namun Zainal merasa pemerintah seakan tutup mata dengan potensi wisata yang sedang ia perjuangkan. Perbaikan infrastruktur guna menunjang akses jalan masih jauh dari harapan.

Senada dengan Zainal, ketua pengelola Wisata Abdul Ajid memaparkan beberapa permasalahan yang sedang dialami dengan lambatnya perkembangan di Kedung Cowet ini, menurutnya peran pemerintah Indramayu tak sebanding dengan sosialisasi yang sering ia ikuti dibeberapa pertemuan forum komunikasi kompepar Indramayu (FKKI).

" Sering saya ikuti acara itu (FKKI), tapi hanya sebatas cerita saja buat kami, tidak satupun program sosialisasinya menyentuh dan mengatasi permasalahan di Kedung Cowet "

"Katanya Wisata di Indramayu harus Wonderfull Indonesia, tapi nyatanya hanya selogan saja". Tambahnya.

Pengajuan bantuan tak henti dilakukan oleh pengelola Wisata kepada Dinas Budaya dan Pariwisata Indramayu (DISBUDPAR), namun yg diperoleh hanya sebuah janji.

" Beberapa kali kami ketemu dengan Kabid Wisata Indramayu Bu Ella Sari, niatnya ya ingin bekerjasama sekaligus minta bantuan untuk pembangunan akses jalan dan fasilitas wisata, akan tetapi disetiap pertemuan hasilnya janji dan janji saja, gak ada yg ia wujudkan buat kami " ungkap Zainal lagi.

Padahal dengan kemajuan wisata di Indramayu akan memberikan dampak positip untuk pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Indramayu, dalam skema seperti ini akan terwujud timbal balik yg nyata antar pemerintah dan masyarakat.

Pena : Supriyadi Oi